11 Tips Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah Dengan Cepat & Hemat

Beberapa wanita merasa kurang percaya diri karena flek hitam di wajahnya. Tenang saja, terdapat berbagai cara menghilangkan flek hitam di wajah yang bisa kamu lakukan.

Bagi wanita yang memiliki warna kulit terang flek hitam cenderung lebih mudah muncul. Flek hitam dapat muncul karena bekas jerawat, paparan sinar matahari, atau perubahan hormon. Ragam cara ini dipercaya dapat menghilangkan flek hitam di wajah.

1. Mulailah dengan Menggunakan Sunscreen

Gunakan sunscreen sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan agar kulit terlindung dari sinar UV

Penyebab paling umum dari flek hitam adalah terpapar sinar matahari terlalu lama sehingga merusak kulit. Perlu diketahui bahwa sinar ultraviolet tetap dapat menembus awan dank aca, sehingga penggunaan tabir surya adalah suatu kebutuhan.

Kamu disarankan untuk menggunakan tabir surya untuk wajah dengan perlindungan setidaknya 30 SPF (Sun Protector Factor). Hal ini penting untuk mencegah timbulnya lebih banyak flek hitam pada wajahmu.

2. Coba dengan Masker dari Bahan Alami

Masker yoghurt dapat membantu mencerahkan kulit wajah

Menghilangkan flek hitam di wajah dengan cara alami dapat menjadi pilihan yang tepat. Kamu bisa memilih bahan yang dipercaya dapat mencerahkan warna kulit, seperti masker jeruk nipis, lemon, madu, dan yoghurt.

Kandungan vitamin C di dalam lemon dapat membantu mencerahkan warna kulit. Begitu juga dengan asam laktat pada yoghurt.

Hasil perawatan dengan bahan alami mungkin tak langsung terlihat, namun cara ini dinilai minim risiko. Meski begitu, bukan berarti tak berisiko sama sekali. Beberapa orang tetap mungkin mengalami alergi. Karenanya, tetap berhati-hati saat menggunakan bahan-bahan tersebut.

3. Buang Kulit Mati

Pengelupasan kulit mati sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah

Membuang sel kulit mati di wajah dengan prosedur eksfoliasi (pengelupasan) bisa dipilih sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah.

Metode ini membantu mendorong pertumbuhan kulit sehat dan lebih cerah yang berada di bawah kulit mati. Meski begitu, teknik ini perlu dilakukan dengan hati-hati agar kulit tidak mengalami iritasi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Wajah Kusam yang Aman Untukmu Ada di Sini

4. Oleskan Krim dan Serum Wajah

Oleskan krim yang mengandung bahan-bahan pencerah kulit wajah

Salah satu cara mengatasi flek hitam di wajah adalah menggunakan krim atau serum yang mengandung senyawa hydroquinone. Bahan ini bekerja dengan memperlambat produksi melanin, sehingga efektif dalam mencerahkan warna kulit.

Beberapa zat lain juga efektif menghilangkan flek hitam, seperti retinoid, glycolic acid, kojic acid, atau azaleic acid. Meski dijual bebas, pemilihan krim dan serum wajah ini lebih baik dikonsultasikan dengan dokter kulit terlebih dahulu.

Pasalnya, jika dosis yang digunakan terlalu tinggi, bahan-bahan tersebut mungkin saja menjadi racun dan justru menyebabkan iritasi pada kulit.

5. Penanganan dengan Laser

Konsultasikan dengan dokter kulitmu untuk melakukan laser pada flek hitam

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang satu ini perlu dilakukan oleh dokter kulit. Penanganan dengan laser dilakukan langsung pada target flek hitam.

Meski terhitung berisiko rendah, namun tetap ada efek samping yang mungkin terjadi, misalnya kulit menjadi gatal, merah, bengkak, atau iritasi. Tindakan ini membutuhkan setidaknya dua minggu untuk pulih dari efek samping.

6. Menghindari Paparan Sinar Matahari

Mengenakan topi dapat menghalangimu dari paparan sinar matahari

Paparan sinar ultraviolet berlebih dapat memicu produksi hormon melanin yang dapat membuat flek hitam semakin gelap. Selain rajin mengoleskan tabir surya, ada baiknya kamu menghindari terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Cara ini bisa kamu lakukan dengan menghindari paparan sinar matahari di siang hari, terutama pada jam 10 pagi hingga 2 siang. Kamu juga sebaiknya selalu menggunakan masker atau topi bertepi lebar agar wajah terhindar dari paparan sinar matahari.

7. Hindari Menyentuh Flek Hitam

Hindari memencet jerawat karena dapat menyebabkan flek hitam di kemudian hari  Flek hitam dapat terjadi karena jerawat yang terlalu sering disentuh, digosok ataupun ditekan. Oleh karena itu, bila terdapat jerawat di wajahmu, cobalah untuk tidak menyentuhnya.

Bila sudah mengalami flek hitam pun, tetap berusaha untuk tidak menyentuhnya. Sentuhan dapat memicu inflamasi dan menjadikan kondisi ini semakin parah. Cukup menyentuh flek ini saat kamu sedang membersihkan wajah saja.

8. Lakukan Perawatan Intense Pulse Light (IPL)

Lakukan perawatan intense pulse light untuk menghilangkan flek hitam di wajah

Selain melakukan penanganan flek hitam dengan metode laser, kamu juga dapat memilih jenis perawatan IPL. Intense pulse light (IPL) adalah prosedur yang dilakukan untuk memperbaiki kerusakan pada kulit dengan paparan cahaya intensitas tinggi.

Selain untuk menghilangkan bintik hitam di wajah akibat paparan sinar matahari, efek penuaan atau bekas jerawat, prosedur IPL dapat juga digunakan untuk menghilangkan tanda lahir, varises, hingga menghilangkan rambut-rambut di beberapa area tubuh.

9. Chemical Peel

Prosedur pengelupasan dengan bahan kimia harus dilakukan di bawah pengawasan dokter

Chemical Peel atau pengelupasan dengan bahan kimia juga dapat membantumu menghilangkan flek hitam di wajah. Bahan yang digunakan untuk prosedur ini biasanya mengandung asam salisilat dan asam glikolat.

Kedua bahan tersebut dapat menyingkirkan lapisan terluar kulit sehingga, lapisan tersebut digantikan dengan kulit yang lebih sehat di bawahnya dan dengan warna yang lebih merata. Namun, patut diwaspadai prosedur ini berisiko menimbulkan iritasi kulit.

10. Cryosurgery

Cryosurgery menggunakan nitrogen cair untuk menghilangkan flek hitam

Prosedur perawatan yang satu ini dapat membantu merontokkan flek hitam di wajah dengan membekukannya menggunakan nitrogen cair. Namun, seperti pada prosedur lainnya, cryosurgery juga berpotensi menimbulkan efek samping.

Pasalnya, pada beberapa orang, perawatan ini dapat menyebabkan warna kulit area perawatan menjadi lebih putih dari area lainnya.

11. Mempertimbangkan Prosedur Dermabrasi

lakukan prosedur dermabrasi untuk hilangkan flek hitam

Kamu juga bisa melakukan prosedur dermabrasi untuk menghilangkan flek hitam di wajah

Kamu juga bisa memilih prosedur dermabrasi. Dermabrasi adalah proses pengelupasan lapisan kulit terluar dengan alat khusus. Untuk melakukannya, kamu dapat mengunjungi dokter spesialis kulit agar dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Selain itu, coba diskusikan dengan dokter yang merawat apakah kamu perlu melakukan prosedur ini demi memudarkan flek hitam di wajahmu. Selama berdiskusi, dokter mungkin akan memberikan beberapa saran seperti:

  • Jika kamu seorang perokok aktif, dokter mungkin akan memintamu untuk berhenti merokok beberapa minggu sebelum dan sesudah melakukan prosedur dermabrasi.

  • Bila kamu menggunakan beberapa jenis obat-obatan dan suplemen kecantikan tertentu, dokter bisa saja memintamu untuk menghentikan konsumsinya sebelum menjalani dermabrasi.

  • Dokter juga bisa menyarankanmu untuk menghindari paparan sinar matahari berlebihan. Baik sebelum atau sesudah prosedur dermabrasi dilakukan.

  • Konsumsi obat tertentu seperti antibiotik, antivirus, ataupun penggunaan krim dengan kandungan retinoid mungkin juga dianjurkan oleh dokter Anda.

Sebenarnya flek hitam merupakan salah satu cara kulit untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari, namun banyak orang merasa flek hitam mengganggu penampilan Beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah dapat ditempuh untuk mendapatkan penampilan yang menarik. Pastikan sebelum memilih cara penanganan apapun, diskusikanlah dengan dokter kulit terlebih dahulu agar perawatan tepat dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Vemci skincare merupakan perawatan wajah yang telah bersertifikasi BPOM Resmi & selalu menggunakan bahan-bahan extract alami di setiap produk yang di buat untuk kwalitas.

Chat Via WhatsApp